Gejala Awal Serangan Jantung

Gejala awal serangan jantung adalah nyeri dada yang hanya terasa selama beberapa detik. Semakin hari, durasi serangan nyeri itu semakin panjang, hingga suatu waktu rasa nyeri terasa menghebat dan serangan jantung yang berat pun terjadi.

Mestinya, serangan ini bisa dicegah kalau sejak awal penyumbatan tidak dibiarkan berlarut-larut. Ketika muncul serangan nyeri dada awal, mestinya ini menggugah kita untuk segera memeriksakan jantung. Rasa nyeri merupakan isyarat bahwa kita masih punya kesempatan untuk “membatalkan” atau mencegah serangan jantung yang lebih berat berat dan mungkin fatal. Semakin awal potensi serangan jantung itu ditanggapi, semakin kecil risiko jantung koroner yang bisa berakhir fatal.

Gejala awal serangan jantung

Gejala awal serangan jantung

Seperti sudah dikemukakan, karat lemak atau sumbatan tidak sekali jadi. Kalau setiap tahun karat lemak bertumbuh 2% saja, hanya dalam waktu 25 tahun karat lemak itu sudah menyumbat lumen pipa pembuluh darah.

Gejala awal serangan jantung selain nyeri pada dada yang sudah dijelaskan diwal tadi yaitu:

  • Adanya keluhan mudah lelah

Keluhan mudah lelah itu timbul pada saat anda sedang melakukan aktifitas meskipun aktivitas yang anda kerjakan itu bukanlah aktifitas yang berat. Bila anda merasakan hal itu segera periksa atau tanyakan ke dokter. Bida jadi ini menjadi salah satu indikasi gejala awal serangan jantung yang terjadi pada penyakit serangan jantung.

  • Berkeringat tanpa alasan.

Biasanya anda akan mengeluarkan keringat apabila anda sedang melakukan aktifitas atau setelah melakukan aktifitas. Tetapi apabila anda mudah berkeringat walau anda tidak sedang melakukan apa-apa kemungkinan ada kelainan pada jantung anda.

  • Nyeri yang dirasa pada tubuh

Nyeri yang anda rasakan pada tubuh anda menjadi gejala awal serangan jantung. Pada penderita penyakit serangan jantung yang dirasa oleh pria akan mengalami nyeri pada bagian lengan kiri, namun pada wanita rasa nyeri dirasa pada kedua lengan. Nyeri pada tubuh yang terkadang datang dan pergi ini juga bisa muncul dibagian bahu, punggung, siku, serta leher.

  • Sakit kepala.

Gejala awal serangn jantung liinnya saat mereka yang mempunyai problem pada jantung, dapat merasakan sakit kepala waktu terkena tuturan sinar. Gejala ini punya pengaruh yang besar pada denyut jantung, tak tahu itu berdenyut lebih lambat atau lebih cepat. Terlebih penderita penyakit serangan jantung pada wanita yang kerap alami migren, sekurang-kurangnya merasakan sakit kepala 2 x dalam jangka waktu saru bulan. Anda harus waspada, mungkin saja ini merupakan tanda-tanda perubahan serangan penyakit jantung.

  • Kecemasan

Banyak penderita yang meyakini bahwa penyakit serangan jantung akan berujung pada trauma. Hasilnya, pada mereka yang dulu pernah mengalami penyakit serangan jantung sekarang mereka seringkali alami ketegangan, ketakutan atau kekhawatiran akan kematian.

Namun, proses yang bisa berujung merenggut nyawa ini masih dapat dibatalkan kalau lipid darah tidak dibiarkan terus meninggi. Caranya, salah satunya dengan mengatur pola makan dan menjalankan gaya hidup sehat.

Pola makan dan gaya hidup masa kini cenderung membuat orang mengkonsumsi banyak lemak, tinggi kalori dan stress. Oleh karena itulah, angka penyakit serangan jantung sudah bergeser pada kelompok yang lebih belia (sekitar 35 tahun). Padahal, dulu krisis kehidupan baru bermula setelah seseorang berumur sekitar 40 tahun. Namun, rata-rata orang sekarang sudah memikul krisis atau mengalami gejala awal serangan jantung sebelum umur tersebut.

Kita dapat mengurangi munculnya gejala awal serangan penyakit jantung dengan:

  • Mengonsumsi makanan sehat dan berserat tinggi seperti buah alpukat, jeruk, kiwi, anggur merah, apel, dll. Serta sayuran seperti bayam. Kurangi makanan yang berlemak dan berkolesterol tinggi agar tidak terjadi kegemukan.
  • Segera berhenti merokok untuk mengurangi munculnya gejala awal serangan jantung. Untuk anda yang termasuk dalam perokok aktif usahakanlah untuk berhenti merokok sedini mungkin. Karena merokok menyebabkan elastisitas pembuluh darah berkurang sehingga meningkatkan pengerasan pembuluh darah arterin yang memicu stroke. Untuk anda yang bukan perokok aktif usahakanlah menjauh dari paparan asap rokok dari perokok aktif.
  • Mengurangi atau menghindari minuman beralkohol
  • Olahraga yang teratur selama 30 menit. Lakukan olah raga yang anda sukai selama kurang lebih setengah jam setiap harinya. Olah raga yang dapat anda pilih seperti jalan, joging. bersepeda, berkebun, berenang, dll.
  • Hindari penggunaan obat-obatan terlarang.

Kenali tekanan darah dalam tubuh anda, Gaja selaku tekanan darah anda supaya stabil dalam angka 115/75. Memperhatikan tenakan darah pada tubuh anda mungkin bahkan lebih penting daripada kolesterol anda. Dan, anda bisa menurunkan tekana darah dalam tubuh anda dengan sendiri ataupun bantuan dari orang sekitar. Cara mudah hanya dengan kembali pada cara penegahan munculnya gejala awal serangan jantung seperti olahraga dan lain sebagainya.

Mencoba cari tahu kadar kolesterol HDL dalam tubuh anda dan coba tingkatkan nilainya hingga sampai di nilai 50. Cara yang paling mudah untuk meningkatkan nilai kadar HDL  adalah dengan olahraga, kurangi minuman keras, makan makanan dengan lemak sehat, misalnya: zaitun, canola. Asam Pantotenat (vit. B5) juga bisa membantu. Bagi wanita lebih baik memiliki nilai kadar HDL yang lebih tinggi dari nilai rendah.

Untuk anda yang sudah merasakan muncul gejala awal serangan jantung ada baiknya untuk segera periksa ke dokter peribadi anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Serangan Jantung and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *